Kamis, 04 Agustus 2011

Definisi atau Pengertian Literasi


Definisi Literasi Sains

Teman ..
definisi di bawah ini akan sangat membantu dalam mengisi angket di posting selanjutnya,




Secara sederhana, literasi berarti kemampuan membaca dan menulis atau melek aksara. Dalam konteks sekarang, literasi memiliki arti yang sangat luas. Literasi bisa berarti melek teknologi, politik, berpikiran kritis, dan peka terhadap lingkungan sekitar. Kirsch dan Jungeblut dalam buku Literacy: Profile of America’s Young Adult mendefinisikan literasi kontemporer sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan informasi tertulis atau cetak untuk mengembangkan pengetahuan sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Lebih jauh, seorang baru bisa dikatakan literat jika ia sudah bisa memahami sesuatu karena membaca dan melakukan sesuatu berdasarkan pemahaman bacaannya.
Sekarang ini, generasi literat mutlak dibutuhkan agar bangsa kita bisa bangkit dari keterpurukan bahkan bersaing dan hidup sejajar dengan bangsa lain. Wagner (2000) menegaskan bahwa tingkat literasi yang rendah berkaitan erat dengan tingginya tingkat drop-out sekolah, kemiskinan, dan pengangguran. Ketiga kriteria tersebut adalah sebagian dari indikator rendahnya indeks pembangunan manusia. Menciptakan generasi literat merupakan jembatan menuju masyarakat makmur yang kritis dan peduli. Kritis terhadap segala informasi yang diterima sehingga tidak bereaksi secara emosional dan peduli terhadap lingkungan sekitar.
Lingkungan literasi yang kondusifMenciptakan generasi yang literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif. Lingkungan yang ideal bagi perkembangan literasi anak harus menyinergikan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Keluarga sangat dominan dalam perkembangan literasi anak. Hasil riset menunjukkan bahwa umumnya anak mulai belajar membaca dan menulis dari orang tua di rumah. Mereka akan gemar membaca jika melihat orang tua atau anggota keluarga lain di rumah sering membaca buku, koran, atau majalah. Anak sebenarnya sudah bisa dirangsang untuk gemar membaca bahkan ketika masih dalam kandungan ibunya. Wanita hamil yang sering membacakan buku bagi janin yang sedang dikandungnya cenderung akan melahirkan anak yang kemudian gemar membaca.
Pendidikan anak usia dini yang semakin mendapat perhatian masyakarat hendaknya mampu meningkatkan minat baca anak. Kegiatan reading aloud atau membaca nyaring untuk anak hendaknya dilakukan sedini mungkin. Hal ini bisa mengganti kegiatan mendongeng sebelum tidur yang sudah menjadi tradisi orang tua di masyarakat kita sejak dulu. Seorang ibu juga bisa menumbuhkan kegemaran membaca anaknya dengan mengajak anak melakukan kegiatan yang melibatkan aktivitas membaca seperti membaca resep masakan, sering menulis pesan buat anak dan meminta balasan tertulis, serta meminta anak meminjam buku dari perpustakaan sekolah. Kegiatan ini adalah langkah awal peralihan dari budaya orasi melalui dongeng ke budaya membaca.




Literasi  sains  didefinisikan  sebagai  kemampuan  menggunakan  pengetahuan

sains,  mengidentifikasi  pertanyaan,  dan  menarik  kesimpulan  berdasarkan  bukti-

bukti dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam

dan perubahan  yang dilakukan terhadap  alam melalui aktivitas manusia (Firman,

2007:2).  Definisi  literasi  sains  ini  memandang  literasi  sains  bersifat

multidimensional,  bukan  hanya  pemahaman  terhadap  pengetahuan  sains,  akan

tetapi  kemampuan  menerapkan  sains  dalam  konteks  kehidupan  nyata

(Firman,2007:2;Wulan,2009:1). 

PISA  mendefinisikan  bahwa  literasi  sains  adalah  kemampuan  menggunakan

pengetahuan  sains,  mengidentifikasi  pertanyaan,  dan  menarik  kesimpulan

berdasarkan  bukti-bukti  dalam  rangka  memahami  karakteristik  sains  sebagai

penyelidikan  ilmiah,  kesadaran  akan  betapa  sains  dan  teknologi  membentuk

lingkungan material, intelektual dan budaya, serta keinginan untuk terlibat dalam

isi-isu  terkait  sains  sebagai  manusia  yang  reflektif.  Literasi  sains  juga

didefinisikan sebagai  pengetahuan, nilai-nilai dan kemampuan siswa saat ini yang

dihubungkan dengan kebutuhan masa yang akan datang   (PISA, 2006:23).  

8 komentar: